Selamat datang di blog Saka Bhayangkara Polres Cabang Muba

Assalammualaiku wr.wb

Pengertian Saka Bhayangkara

a.    Satuan Karya Pramuka, disingkat SAKA, adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.
b.    Bhayangkara, berasal dari bahasa sansekerta, yang mengandung arti penjaga, pengawal, dan pelindung keselamatannegara dan bangsa.
c.    Saka Bhayangkara, adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat dan mengembangkan bakat serta pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang keBhayangkaraan sehingga mereka menjadi anggota masyarakat yang baik, peduli terhadap keamanan, ketertiban masyarakat di lingkungan baik local, nasional maupun internasional.
d.    Pimpinan Saka Bhayangkara, adalah bagian dari kelengkapan kwartir ditingkatnya yang bertugas membantu kwartir dalam menentukan kebijaksanaan mengenai pemikiran, perencanaan dan petunjuk tekhnis mengenai kagiatan Saka Bhayangkara.
e.    Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara, disingkat Mabi Saka Bhayangkara adalah suatu badan dari gerakan Pramuka ditingkatnya berkewajiban memberikan bimbingan dan bantuan yang bersifat moral organisatoris, materiil dan finansial kepada Saka Bhayangkara di tingkatnya.
f.    Pamong Saka Bhayangkara, adalah anggota dewasa gerakan Pramuka yang bertanggung jawab atas pembinaan dan pengembangan Saka Bhayangkara yang menjadi tanggung jawabnya.
g.    Instruktur Saka Bhayangkara, adalah anggota dewasa gerakan Pramuka atau seseorang yang bukan anggota gerakan Pramuka, karena kemampuan dan keahliannyauntuk membantu pamong Saka Bhayangkara dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan Saka Bhayangkara yang menjadi tanggung jawabnya.
h.    Dewan Saka Bhayangkara, adalah badan yang dibentuk oleh anggota Saka Bhayangkara ditingkatnya yang beranggotakan dari anggota krida Saka Bhayangkara yang bertugas memimpin pelaksanaan kegiatan Saka Bhayangkara sehari-hari.
i.    Krida, adalah satuan kecil yang merupakan bagian kecil dari Saka Bhayangkarasebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu, yang merupakan bagian dari kegiatan Saka Bhayangkara yang beranggotakan maksimal 10 (sepuluh) orang.
j.    KeBhayangkaraan, adalah kegiatan yang berkaitan dengan keamanan negaradalam rangka menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesian Tahun 1945.
k.    Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, disingkat KAMTIBMAS adalah keperluan hakiki masyarakat yang mendambakan suasana aman dan tertib dalam tata kehidupannya. Keamanan akan senantiasa berkaitan dengan perasaan masyarakat yang mendambakan :
    Perasaan bebas dari ganguan fisik dan psikis (security)
   Adanya rasa kepastian dan bebas dari kekhawatiran, keraguan dan ketakutan (surity)
   Perasaan ilindungi dari segala macam bahaya (safety)
   Perasaan damai dan tentram lahir batin (peace)
Bentuk dan Macam Kegiatan
a.    Latihan Saka Bhayangkara secara berkala yang dilaksanakan di luar latihan gugus depan. Latihan berkala ini diadakan ditingkat ranting/cabang dilaksanakan oleh dewan Saka Bhayngkara yang didampingi oleh Pamong Saka dan Instruktur Saka.
b.    Kegiatan berkala yang dilaksanakan dalam menghadapi kejadian-kejadian penting tertentu, misalnya Hari Besar Nasional, Hari Pramuka, Hari Bhayangkara dan lain sebagainya.  Diadakan setingkat Ranting, Cabang, Daerah disesuaikan dengan kepentingannya. Lomba dalam rangka HUT Bhayangkara hasil seleksi tiap daerah atau Polda satu orang Pramuka Saka Bhayangkara Putri dan satu orang Saka Bhayangkara Putra dipersiapkan untuk mengikuti lomba Saka Bhayangkara tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Panitia HUT Bhayangkara Tingkat Mabes Polri.
c.    Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara disingkat Pertikara disebut juga dengan PERSABRAHA (Perkemahan Saka Bhayngkara), yaitu perkemahan yang diikuti oleh anggota Saka Bhayangkara dan diisi oleh kegiatan-kegiatan lainnyadalam rangka ikut serta bertanggung jawab memelihara, membina, menciptakan dan mengembangkan suasana aman dan tertib dikalangan masyarakat sesuai dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang ada pada dirinya, misalnya kegiatan penanganan masalah pencurian, kecelakaan lalu lintas, bencana alam, Siskamling dan lain sebagainya dengan melibatkan masyarakat setempat khususnya kaum muda. Kegiatan Pertikara diadakan ditingkat Ranting, Cabang, Daerah dan Nasionaldilaksanakan sekurang-kurangnya sekali masa Bhakti Kwartir yang bersangkutan.
d.    Lomba Saka Bhayangkara yang disingkat dengan LOKABRAHA yaitu kegitan lomba yang diikuti oleh para anggota Saka Bhayangkara dalam rangka memperagakan kemampuan pengetahuan keterampilan dan kecakapan anggota. Lokabraha diadakan ditingkat Ranting, Cabng, Daerah dan Nasional dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut :
   Tingkat ranting sekali dalam tiga bulan
   Tingkat cabang sekali dalam enam bulan
   Tingkat daerah sekali dalam satu tahun
Tingkat nasinal sekali dalam satu tahun
e.    Perkemahan antar Saka yang disingkat dengan PERAN SAKA yaitu perkemahan yang pesertanya lebih dari satu macam Saka, misalnya Saka Bhayangkara bersama Saka Dirgantara dan Saka Bhakti Husada, sedapat mungkin diikuti oleh semua Saka yang ada pada wilayah yang bersangkutan. PERAN SAKA diadakan Tingkat Ranting, Cabang dan Daerah sekurang-kurangnya sekali dalam masa bhakti Kwartir Gerakan Pramuka yang bersangkutan.

Pengertian Pramuka Kepramukaan dan Gerakan Pramuka. Terdapat perbedaan antar istilah Pramuka, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka.
Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda disini merupakan ukuran semangat untuk maju.
Kepramukaan adalah nama kegiatan yang ada di dalam pramuka itu sendiri, kegiatan yang dimaksudkan disini adalah kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan. Ada banyak sekali kegiatan yang ada di Pramuka (Akan di bahas pada Postingan berikutnya)
Gerakan Pramuka adalah wadah atau organisasi tempat pramuka itu berkumpul dan menyelesaikan masalah secara bersama. tingkatan organisasi ini misalnya seperi Gerakan Pramuka Kwartir Daerah, Gugus depan dan lain sebagainya (lebih rinci akan khusus di bahas pada struktur organisasi Gerakan Pramuka) 
Untuk mempermudah dalam mengingat, Bedakan saja ketiga istilah tersebut secara singkat seperti di bawah ini
Pramuka mengacu kepada orang nya (peserta didik, pembina, andalan dalam hal ini)
Kepramukaan mengacu kepada nama kegiatan (seperti jambore dsb)
Gerakan Pramuka mengacu kepada organisasinya (seperti Gugus Depan, dsb)
   
Baiklah untuk teman-teman semuah yang inggi mengisi SKU Penegak Bantara Silakan bacah sepuas anda  baiklah langsung saja ngak usah basa basi lagi ini dia.

PENEGAK BANTARA
1.      ISLAM
·         DAPAT MENJELASKAN MAKNA RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN
Rukun adalah sesuatu yang harus dikerjakan dalam memulai pekerjaan.
Islam adalah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan ikhlas. Rukun islam ada 5 yaitu :
1.      Mengucapkan dua kalimat syahadat ; artinya mengaku tidak ada tuhan yang wajib disembah, melainkan Allah, dan mengakui bahwa Nabi Muhammad saw, adalah utusan Allah.
2.      Mengerjakan shalat lima waktu sehari semalam
3.      Mengeluarkan zakat
4.      Berpuasa dalam bulan ramadhan Menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.
Arti dari Iman dan islam adalah mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah, dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan oleh lidah, kemudian anggotanya melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya.
Rukun Iman ada 6 yaitu
1.      Iman kepada Allah swt
2.      Iman kepada Malaikat-malaikat-Nya
3.      Iman kepada Rasul-Rasul Allah
4.      Iman kepada kitab-kitab-Nya
5.      Iman kepada Qodo dan Qodar
6.      Iman kepada hari akhir

·         Mampu menjelaskan makna sholat berjemaah dan dapat mendirikan sholat sunah secara individu
Sholat adalah berhadap hati kepada Allah sebagi iadah, dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan, yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam serta menurut syarat-syarat yang telah ditentukan syara’. Sholat berjamah adalah sholat bersama, sekurang-kurangnya terdiri dari dua orang, yaitu iman dan makmum.
Sholat yang disunahkan berjama’ah ialah :
1.      Sholat fardhu lima waktu
2.      Sholat dua hari raya
3.      Sholat tarawih dan witir dalam bulan ramadhan
4.      Sholat minta hujan
5.      Sholat gerhana matahari dan bulan
6.      Sholat jenazah
Makmum yang terlambat dating disebut masbug.
Sholat sunah individu adalah sholat sunah yang dikerjakan secara sendiri-sendiri. Contoh sholat sunah adalah :
1.      Sholat dhuha
2.      Sholat tahiyyatul masjid
3.      Sholat rawatib (sholat sunah yang  dikerjakan sebelum atau sesudah sholat fardhu)
4.      Sholat tahajud
5.      Dll.

·        Mampu menjelaskan makna berpuasa serta macam-macam puasa
Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.
Detailnya, puasa adalah menjaga dari pekerjaan-pekerjaan yang dapat membatalkan puasa seperti makan, minum, dan bersenggama pada sepanjang hari tersebut (sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa diwajibkan atas seorang muslim yang baligh, berakal, bersih dari haidl dan nifas, disertai niat ikhlas semata-mata karena Allah ta'aala.
Macam-macam puasa
Puasa dalam Islam bermacam-macam, dan perlu dikaji secara mendalam. Ada dua jenis perintah berkaitan dengan puasa. Satu berkaitan dengan puasa wajib dan yang lain puasa yang bersifat sunnah (pilihan).
1.      Puasa wajib
Puasa Wajib yaitu buasa yang dilakukan pada bulan kesembilan dalam kalender islam, yaitu bulan ramadhan, dilakukan selama satu bulan penuh dan diakhiri deangan salat idul fitri.
2.      Puasa sunnah
Ada kalanya dianjurkan untuk melakukan puasa sunah, sepeti Tradisi Nabi Muhammad saw. Di antara waktu:
Setiap hari Senin dan Kamis dari seminggu Hari ke-13, 14, dan 15 setiap bulan lunar Enam hari di bulan Syawal (bulan setelah Ramadhan) Hari Arafat (tanggal 9 Dzulhijjah di (Hijriah) Islam kalender) Hari Ashuraa (10 Muharram dalam (Hijriah) Islam kalender), dengan satu hari lagi puasa sebelum atau setelahnya.
3.           Puasa kafarat
Yakni bayaran yang diberikan karena tidak mampu memberikan apa yang seharusnya dari hukum yang dilanggar dikarenakan lalai menjalankan kewajiban. Penyebab puasa ini berdasarkan antara lain:
·        Apabila seseorang tidak mampu memberi makan sepuluh fakir miskin sebanyak atau membebaskan seorang budak, maka ia harus berpuasa selama tiiga hari.
·        Jika seseorang membunuh seorang mukmin dan ia tidak mampu membayar uang darah (tebusan) atau mungkin memerdekakan seorang budak, maka ia harus berpuasa selama dua bulan berturut-turut.
Ketika Islam diperkenalkan agama ini tak tertandingi, benih ditanam tercipta sebuah pohon yang terus tumbuh dengan kebajikan tak terbatas dan produk yang tak ternilai. Berikut adalah penjelasan tentang makna spiritual dari Puasa Islam:
·         Cinta yang tulus: karena ketika ia mengamati Puasa dia melakukannya karena kasih yang mendalam bagi Allah. Dan orang yang mengasihi Allah benar-benar adalah orang yang benar-benar tahu apa itu cinta.
·         Melengkapi manusia dengan rasa kreatif harapan dan pandangan optimis terhadap kehidupan, karena ketika ia berpuasa ia berharap untuk menyenangkan Allah dan mencari karunia-Nya.
·         Menumbuhkan dalam diri manusia kebajikan kebenaran akan devosi yang efektif, dedikasi jujur ​​dan kedekatan dengan Allah, karena ketika ia berpuasa ia melakukannya untuk Tuhan dan demi-Nya sendiri.
·         Melatih Manusia dalam kesabaran dan tidak mementingkan diri sendiri, melalui puasa, ia merasa sakit kekurangan tapi dia bertahan. Mereka sabar.
·         Puasa adalah resep Ilahi untuk diri-jaminan dan pengendalian diri.
Syarat Wajib Puasa

Syarat wajibnya puasa iaitu: 
1.      Islam. Disyariatkan berpuasa kepada mereka yang memeluk agama Islam dan tidak disyariatkan ibadah ini kepada kaum kafir.
2.      Berakal. Ibadah puasa juga dituntut kepada mereka yang berakal dan yang waras dalam berfikir sebagai seorang manusia. Taklifan puasa ini tidak jatuh kepada mereka yang hilang kewarasan akal, gila, tidak sedarkan diri (koma) dan yang setara dengannya.
3.      Baligh. Puasa diwajibkan ke atas mereka yang telah mencapai usia baligh disisi syarak. Tanda baligh adalah: 
·        Ihtilam, yaitu keluarnya mani dalam keadaan sadar atau saat mimpi;
·        Tumbuhnya bulu kemaluan; atau
·        Dua tanda yang khusus pada wanita adalah haid dan hamil. 
Syarat Wajibnya Penunaian Puasa
Syarat wajib penunaian puasa, artinya ketika ia mendapati waktu tertentu, maka ia dikenakan kewajiban puasa. Syarat yang dimaksud adalah sebagai berikut.
·         Sihat, tidak dalam keadaan sakit yang boleh medatangkan bebanan kepada diri untuk berpuasa.
·         Menetap/ bermukim, tidak dalam keadaan bersafar/musafir.
·          Suci dari haid dan nifas bagi wanita
Syarat Sahnya Puasa
Syarat sahnya puasa ada dua, yaitu
·         Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas. Syarat ini adalah syarat dikenakan kewajiban puasa dan sekaligus syarat sahnya puasa.
·         Berniat. Niat merupakan syarat sah puasa karena puasa adalah ibadah sedangkan ibadah tidaklah sah kecuali dengan niat sebagaimana ibadah yang lain.
Rukun Puasa
Berdasarkan kesepakatan para ulama, rukun puasa adalah menahan diri dari berbagai pembatal puasa mulai dari terbit fajar (yaitu fajar sodiq) hingga terbenamnya matahari.

·         Tahu Tata Caramerwat Atau Mngurus Jenazah (Tajhizul Jenazah)
Kewajiban kaum muslimin terhadap jenazah ada empat yaitu: memandikan, mengkafani, mensolatkan dan menguburkan.  Adapun hukumnya adalah fardhu kifayah.
a.       Memandikan Mayat
Syarat jenazah yang harus dimandikan :
  • Mayat  itu orang muslim.
  • Didapati tubuhnya walaupun sedikit.
  • Jenazah itu bukan mati sahid.
b.      Cara memandikan Mayat
  1. Mayat diletakkan pada tempat yang tinggi seperti balai-balai atau ranjang dan ditempat yang sunyi, tidak banyak orang masuk atau keluar.
  2. Siapkan air secukupnya. Disunatkan air dicampur dengan daun bidara atau suatu yang dapat menghilangkan daki seperti sabun. Sebagian air dicampur kapur barus untuk digunakan pada siraman terakhir nanti.
  3. Mayat diberi pakaian mandi yang tertutup aurotnya sejauh tidak menyulitkan orang yang memandikan.
  4. Mengeluarkan kotoran dari dalam perutnya serta kotoran-kotoran dibagian tubuh yang lain dengan cara yang halus dan sopan.
  5. Bersihkan mulut dan giginya, barulah dibasuh kepalanya seraya disisir rambut dan jenggotnya jika ada lalu di baringkan ke sebelah kiri untuk dibasuh sebelah kanannya, sesudah itu baringkan ke sebelah kanan untuk dibasuh sebelah kirinya. Serangkaian pekerjaan tersebut dihitung satu kali basuhan dan di-pandang cukup, namun disunahkan 3 kali atau 5 kali.
  6. Rasulullah SAW bersabda :
عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ دَخَلَ عَلَيْنَ الَّنَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ إِغْسِلْنَهَا ثَلاَ ثًا اَوْ خَمْسَ اَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ وَاجْعَلْنَ فِى الأَ خِيْرَةِ كَا فُوْرًا (رواه البخارى ومسلم
Artinya :”Dari Ummu Atiyah ra., datang kepada kami sewaktu kami memandikan putrid beliau, kemudian beliau bersabda : mandikanlah ia 3 kali atau 5 kali atau lebih kalau kamu pandang lebih baik dari itu dengan air atau daun bidara dan basuhlah yang terakhir dengan dicampur dengan kapur barus”.(HR. Bukhori dan Muslim)
  1. Meratakan air keseluruh badan jenazah dari atas kepala sampai ke kaki.
  2. Mewudhukan jenazah.
  3. Dikeringkan dengan kain handuk

c.       Orang yang berhak memandikan Mayat
  1. Suami atau istri mayat dan muhrimnya.
  2. Bila muhrimnya tidak ada, maka bisa diserahkan  kepada orang yang mengerti dan dipercaya.
  3. Jenis kelaminnya sejenis dan jika tidak ada muhrim atau yang sejenis dengan si mayat maka boleh ditayamumkan

d.      Mengkafani  Mayat
Hukum mengkafani mayat adalah fardhu kifayah atas orang hidup.
Syarat mengkafani mayat
·         Sekurang-kurangnya satu lapis yang menutup seluruh tubuhnya.
·         Mengkafaninya sesudah dimandikan.
·         Diutamakan berwarna putih. Bagi laki-laki disunatkan 3 lapis yang terdiri dari kain sarung dan dua lapis yang menutup seluruh tubuhnya. Sedangkan bagi perempuan disunahkan 5 lapis yaitu : kain basahan (kain bawah), selembar kerudung (tutup kepala), selembar baju kurung dan tiga lapis yang menutup seluruh tubuh.
Cara Mengkafani mayat :
Jika mayatnya laki-laki,
Dihamparkan sehelai-sehelai dan ditaburkan di atas tiap-tiap lapis itu harum-haruman seperti kapur barus dan semacamnya, lalu mayat diletakkan di atasnya, sesudah diberi kapur barus dan sebagainya kedua tangannya disedekapkan seperti sholat, kemudian kain dibungkuskan lapis demi lapis.Pada bagian kaki, perut dan kepala diberi ikat (tali) dari kain putih.
Jika mayatnya perempuan,
Dilakukan seperti tersebut diatas hanya pada tubuh mayat dipakaikan kain basahan (kain bawah), baju dan tutup kepala (kerudung). Khusus bagi orang yang meninggal dalam keadaan ihrom haji/umroh tidak boleh diberi harum-haruman dan tutup kepala.
Yang wajib menanggung kafan

Diambilkan dari harta si mayat, Bila tidak meninggalkan harta warisan maka dibebankan kepada orang yang  memelihara sewaktu hidup.
Apabila mayat tidak ada yang menanggung maka diambilkan dari baitul maal.

e.       Mensholatkan  Mayat
Sholat jenazah ialah sholat yang dikerjakan sebanyak 4 takbir dalam rangka mendo’akan orang muslim yang meninggal. Apabila jenazahnya laki-laki imam hendaklah berdiri lurus di depan kepalannya, dan apabila jenazahnya perempuan hendaklah imam menghadap setengah perut atau punggungnya. Rasulullah saw., bersabda :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ ص.م. : صَلُّوْا عَلَى مَوْتَاكُمْ (رواه إبن ماجه)
Artinya : "Bersabda Rasulullah saw., sholatlah olehmu orang-orang yang meninggal". (HR. Ibnu Majah )

f.       Syarat sholat jenazah
·         Semua yang menjadi  syarat sholat seperti suci dari hadats besar/kecil, menutup aurot dan lainnya.
·         setelah jenazah itu dimandikan
·         Jenazah diletakkan disebelah kiblat orang yang sholat kecuali bila sholat diatas kubur dan sholat ghoib.

Rukun sholat jenazah
·         Niat
·         Berdiri jika mampu
·         Takbir empat kali
·         Membaca surat Al-Fatihah
·         Membaca sholawat Nabi saw
·         Mendoakan mayat setelah takbir ketiga dan ke empat
·         Memberi salam
Adapun do'a setelah takbir ketiga adalah sebagai berikut:
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ(هَا) وَارْ حَمْهُ(هَا) وَعَا فِهِ(هَا) وَعْفُ عَنْهُ(هَا) وَاَكْرِمْ نُزُ لَهُ(هَا) وَوَسِّعْ مَدْ خَلَهُ(هَا) وَاغْسِلْهُ(هَا) بِمَاءٍ وَثَلْجٍ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّ الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِ لْهُ(هَا) دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ(هَا) وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ(هَا) وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْ جِهِ(هَا) وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَا بَهُ(هَا) (روه مسلم)
               Artinya : Ya Allah, anugerahilah ia ampunan dan rahmatilah dia, bebaskanlah dia dan maafkanlah, dan muliakanlah kedatangannya, lapangkanlah tempat masuknya, dan sucikanlah ia dengan air dan salju, dan bersihkanlah ia dari kesalahannya sebagaimana kain putih yang dibersihkan dari kotoran, gantilah rumahnya lebih baik dari rumahnya yang dahulu dan gantilah ahli keluarganya dengan yang lebih baik daripada ahli keluarganya yang dahulu dan peliharalah ia dari huru hara kubur dan siksaannya.  (H.R. Muslim)

            Do'a setelah takbir keempat adalah sebagai  berikut :
اَللَّهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ (هَا) وَلاَتَفْتِنَّا بَعْدَهُ (هَا) وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ (هَا) (روه مسلم)
Artinya : "Ya Allah, janganlah Engkau rugikan kami  dari memperoleh ganjarannya dan  jangan  pula  kami beri fitnah sepeninggalnya, ampunilah kami dan dia ...". (HR . Muslim)
Rasulullah saw.,  bersabda :
مَا مِنْ مُؤْمِنٍ يَمُوْتُ فَيُصَلِّى عَلَيْهِ أُمَّةً مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ يَبْلُغُوْنَ أَنْ يَكُوْنُوْا ثَلاَثَةِ صُفُوْفٍ اِلاََّغُفِرَلَهُ (روه الخمسة)
Artinya: "Tak seorang mukminpun  yang meninggal kemudian disholatkan oleh umat Islam yang mencapai tiga shof kecuali akan diampuni dosanya". (HR. Lima Ahli Hadits)
g.      Menguburkan  Mayat
Cara Menguburkan Mayat
·         Mula-mula dibuatkan liang lahat kira-kira tidak bisa dibongkar oleh binatang buas atau dapat menimbulkan bau busuk.
·         Jenazah dimasukkan kedalam liang lahat dengan posisi miring kekanan dan menghadap kiblat. Saatmeletakkan jenazah hendak membaca :
بِسْمِ اللهِ وَعَلَى مِلَّةِ رَسُوْلِ اللهِ (رواه الترمذى و أبو داود)
Artinya:"Dengan  menyebut Asma  Allah dan atas agama Rasulullah". (HR. Tirmidzi dan  Abu  Daud)
·         Tali-tali kain kafan dilepas, pipi kanan dan ujung kaki ditempatkan pada tanah.
·         Setelah ditutup dengan bambu/papan/kayu di atasnya ditimbun dengan tanah sampai rata.
·         Mendo'akan dan memohonkan ampun kepada jenazah. Rasulullah saw., bersabda :
إِسْتَغْفِرُوْا ِلأَخِيْكُمْ وَسْئَلُوْا لَهُ التَّثْبِيْتَ فَإِنَّهُ اْلآنَ يُسْئَلُ (متفق عليه)
           
Artinya:"Mohonkan ampun untuk saudaramu  dan mintakanlah keteguhan iman  baginya, karena ia  sekarang  sedang diperiksa".  ( HR. Bukhori dan Muslim )
َانَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا فَرَغَ مِنْ دَفْنِ الْمَيِّتِ وَقَفَ عَلَيْهِ فَقَالَ : إِسْتَغْفِرُوْا ِلأَخِيْكُمْ وَسْئَلُوْا لَهُ فَإِنَّهُ اْلآنَ يُسْئَلُ (رواه ابو داود)
Artinya : "Bahwa Nabi saw, apabila telah selesai  menguburkan  jenazah, beliau berdiri diatasnya dan bersabda: mohonkanlah ampun untuk saudaramu dan mintakanlah untuknya supaya di beri ketabahan karena sesungguhnya  ia sekarang  sedang ditanya". (HR. Abu  Daud)
·        Dapat Membaca Doa Ijab Qobul Zakat

NIAT ZAKAT FITRAH DIRI SENDIRI.

a)   Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri
 Description: Niat Membayar Zakat Fitrah Bagi Diri Sendiri

NIAT ZAKAT FITRAH BERKELUARGA.

b)   Niat Mengeluarkan Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Dan Keluarga
 Description: Niat Membayar Zakat Fitrah Bagi Diri Sendiri Dan Keluarga

Lafaz Ijab Bagi Pembayar Zakat :.

“INI ZAKAT FITRAH SAYA DAN TANGGUNGAN SAYA SERAMAI ….. ORANG, SEBANYAK RM ……………….. YANG WAJIB BAGI DIRI SAYA PADA TAHUN INI KERANA ALLAH TA’ALA.”

Lafaz Qabul Bagi Penerima Zakat/Amil :

“SAYA TERIMA ZAKAT TUAN DAN TANGGUNGAN TUAN SERAMAI ….. ORANG SEBANYAK RM ……………….. YANG WAJIB BAGI DIRI TUAN PADA TAHUN INI KERANA ALLAH TA’ALA.”
·         Dapat Menghafal Minimal Sebuah Hadist Dan Menjelaskan Hadist Tersebut
1.      Nawas Ibnu Sam’an Radliyallaahu ‘anhu berkata: Aku bertanya kepada
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam tentang kebaikan dan keburukan. Beliau bersabda: “Kebaikan ialah akhlak yang baik dan keburukan ialah sesuatu yang tercetus di dadamu dan engkau tidak suka bila orang lain mengetahuinya.” (HR Muslim)
2.      Tiada seorang berdo'a kepada Allah dengan suatu do'a, kecuali di abulkanNya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR. Ath-Thabrani) ‌
2.      Berani menyampaikan kritik dan saran dengan sopan dan santun kepada sesame teman
Kritik adalah memberikan komentar pada orang lain yang bersifat membangun. Sedangkan saran adalah memberikan pendapat / masukan kepada orang lain.
Untuk dapat mengisi no. 2 ini kakak harus melakukan diskusi sesama teman dan harus menyampaikan kritik dan saran.
3.      Dapat Mengikuti Jalannya Diskusi Dengan Baik
Diskusi adalah musyawarah yang bertujuan untuk mencari solusi atau jalan keluar atas masalah yang jadi bahan diskusi tsb.

4.      Dapat Saling Menghormati Dan Toleransi Dalam Bakti Antar Umat Beragama.
Menghormati adalah menghargai orang lain. Sedangkan toleransi adalah memberikan kesempatan kepada orang lain.
Contoh saling menghormati dan toleransi antar umat beragama : misalkan dilingkungan kita ada orang yang beragama selain islam melaksanakan ibadahnya kita tidak boleh mengganggunya atau melarangnya.
5.      Mengikuti Pertemuan Ambalan Sekurang-Kurangnya 2 Kali Setiap Bulan
Untuk mengisi sku nomor ini kakak secara otomatis akan di ttd oleh Pembina jika kakak selalu hadir di ambalan selama satu smester dengan ketentuan minimal 2 kali setiap bulan
6.      Setia Membayar Uang Iuran Kepada Gugus Depan, Dengan Uang Yang Diperoleh Dari Usahanya Sendiri
Membayar iuran kepada gugus depan setiap kali latihan mingguan.
7.      Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.
Selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari.
Bahasa Indonesia dengan baik adalah berbahasa Indonesia yang disesuaikan dengan tempat dan

situasi dimana orang itu berkomunikasi, sedangkan Bahasa Indonesia dengan benar adalah berbahasa Indonesia yang sesuai dengan EYD dan Kamus Besar Indonesia.
8.      Telah Membantu Mengelola Kegiatan Ambalan
Aktif dan terlibat dalam sangga kerja kegiatan ambalan. Contohnya membuat suatu program kerja dewan ambalan, misalkan mengadakan Persami, heking, latgab dll. Membantu mengelola administrasi gugus depan.

9.      Telah Ikut Aktif Kerja Bakti Di Masyarakat Minimal 2 Kali.
Minimal 2 kali mengikuti kegiatan kerja bakti di lingkungan tempat tinggalnya. Contoh gotong royong membersihkan lingkungan sekitarnya, membersihkan lingkungan masjid dll.

10.  Dapat Menampilkan Kesenian Daerah Di Depan Umum Minimal Satu Kali.
Secara perorangan maupun bersama teman-temannya menampilkan salah satu kesenian daerah. Contoh tari-tarian, menyanyikan lagu daerah didepan umum.

11.  Mengenal, Mengerti Dan Memahami Isi AD & ART Gerakan Pramuka
Kepres RI No. 24 tahun 2009 tentang anggaran dasar (AD) gerakan pramuka dan SK Kwarnas 203 tahun 2009 tentang anggaran rumah tangga (ART) gerakan pramuka.
Pasal 4 AD gerakan pramuka tentang tujuan gerakan pramuka.
Pasal 5 AD gerakan pramuka tentang tugas pokok gerakan pramuka.
12.  Dapat Menjelaskan Sejarah Kepramukaan Indonesia Dan Dunia.
Sejarah pramuka dunia :       
Boy Scout didirikan pertama kali di Inggris pada tahun 1907 oleh Sir Robert Baden-Powell, gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja dan melatih mereka untuk dapat bertanggung jawab di masa dewasa nanti. Biro kepanduan sedunia The Boy Scouts World Bureau berada di Jenewa, swizerland berfungsi sebagai secretariat organisasi.selain mendirikan kepanduan putra BP juga mendirikan kepanduan putrid dengan dibantu oleh adik perempuannya Agnes Baden Powell. Yang dikemudian hari dilanjutkan oleh Lady Baden Powell.
Kepanduan siaga didirikan pada tahun 1916, dengan illustrasi kegiatannya diambil dari buku karya Rudyard kipling “the jungle book “ dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1918 BP mendirikan kepanduan untuk golongan penegak (rover scouts). Selain itu juga BP menulis buku petunjuk untuk Pembina pada tahun 1914-1919. Jamboree pertama kali pada tahun 1920 di Olimpia, London, inggris.
Buku-buku BP :
·         scouting for boy scout 1908 tentang pengalaman di alam terbuka bersama pramuka.
·         Rover Scout tahun 1918 tentang golongan penegak
·         Aids to scouting
·         Dll.




Sejarah pramuka masuk ke Indonesia :
Kepanduan masuk ke Indonesia (pada waktu itu masih hindia Belanda, karena Negara kita sedang dijajah oleh belanda), Organisasi yang pertama yaitu Nederland Indische Padvinders Vereniging (NIPV) yang artinya adalah persatuan pandu-pandu hindia belanda. Selanjutnya pemimpin-pemimpin Nasional membentuk organisasi-organisasi kepanduan yaitu Javanse Pandvinders Organizatie (JPO), Jong Java padvinderij (JJP), dll. Pemerintah colonial Belanda menjadi khawatir . oleh karena itu pemerintah Belanda melarang bangsa kita menggunakan istilah pandvinder dan Padvinderij untuk kepanduan diluar NIPV. Maka berdirilah organisasi-organisasi kepanduan yang bercirikan nasionalisme, yaitu sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928  dan Boedi Oetomo, 20 Mei 1908 telah menjiwai gerakan kepanduan nasional. Dan istilah “pandu dan kepanduan” dikemukakan pertama kali  dalam kongres SIAP tahun 1928 oleh KH. Agus Salim di kota banjarnegara Banyumas, jawa tengah. BP dan Lady BP berkunjung ke Indonesia (dulu-Hindi Belanda), tanggal 3 desember 1934. BP singgah di Jakarta setelah meninjau Jambore di Australia. Pandu Indonesia pertama Kali mengikuti Jambore di Jambore dunia V di Volegenzang, belanda, tahun 1937.
Pada masa pendudukan jepang (PD II), penguasa jepang melarang keberadaan organisasi kepanduan. Tokoh-tokoh kepanduan banyak yang masuk organisasi seinendan, keibodan dan pembela tanah air (PETA). Kemudian setelah PROKLAMASI KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS 1945, berdiri kembali organisasi kepanduan hingga mencapai lebih dari 100 organisasi, yang tergabung kedalam 3 federasi. Yaitu :
1.      IPINDO (ikatan pandu Indonesia, 13-09-1951)
2.      POPPINDO (persatuan organisasi pandu putri, 1954)
3.      PKPI (perserikatan kepanduan putrid Indonesia)
Kemudian terjadi peristiwa penting yaitu Jambore Nasional (JAMNAS) masih pandu di  pasar minggu, Jakarta tahun 1955 diselenggarakan oleh IPINDO. Ketiga federasi tersebut bergabung menjadi 1 dalam PERKINDO (persatuan kepanduan Indonesia), sekitar 60 organisasi dengan ± 500.000 anggota pandu. Akhirnya diasadari bahwa banyaknya organisasi kurang baik untuk persatuan bangsa, maka pemerintah mengeluarkan KEPRES No. 238 thn 61 tentang gerakan pramuka tanggal 20 mei 1961 yang ditanda tangani oleh pradana menteri Ir. Djuanda (presiden Ir. Soekrano sedang berkunjung ke Jepang). Jamboree Nasional gerakan pramuka Indonesia pertama kali pada tahun 1973 di Situ Baru, DKI Jakarta. Tahun 1981, Jamnas pramuka Indonesia diselenggarakan bersamaan dengan Jambore Asia Pasific.
Pada masa sekarang telah dibentuk dan disusun Undang-Undang tentang gerakan pramuka yaitu UU Republik Indonesia No. 12 thn 2010. Bapak pendiri gerakan pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengku Boewono IX Pramuka diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1961.

13.  Dapat mengunakan jam, kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan.
Memanfaatkan posisi matahari untuk memperkirakan jam pada saat pengembaraan. Jika ada kompas, menjelaskan bagian-bagian kompas tsb.dan membaca tanda jejak dan tanda alam.




14.  Dapat menjelaskan bentuk pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Butir-butir pancasila ada 45 menurut ketetapan MPR no. II/MPR/1978 tentang Ekaprasetia Pancakarsa:
Sila pertama (bintang)
1)      Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaanya dan ketakwaannya terhadap Tuhan YME.
2)      Manusia Indonesia percaya dan takwa terhadap Tuhan YME, sesuai dengan agama dan kepercayaanya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
3)      Mengembang sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agam dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan YME.
4)      Membina kerukunan hidup diantara sesame umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME.
5)      Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME adalah masalah yang menganut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan YME.
6)      Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
7)      Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME kepada orang lain.
Sila kedua (rantai)
1)      Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan YME.
2)      Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan social, warna kulit, dsg.
3)      Mengembangkan sikap saling mencintai sesame manusia.
4)      Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
5)      Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
6)      Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
7)      Gemar melakukan kegiatan kemanusianan.
8)      Berani membela kebenaran dari keadilan.
9)      Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
10)  Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.

Sila ketiga (pohon beringin)
1)      Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan Negara sebagai kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.
2)      Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan Negara dan bangsa apabila diperlukan.
3)      Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
4)      Mengembangkan rasa kebanggaan berbangsaan dan bertanah air Indonesia.
5)      Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi,dan keadilan social.
6)      Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhineka Tunggal Ika.
7)      Memajuka pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.



Sila ke empat (kepala banteng )
1)      Sebagai warga Negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
2)      Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
3)      Mengutamakan musyawarah dalam mengambilan keputusan untuk kepentingan bersama.
4)      Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
5)      Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
6)      Dengan ikhtikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
7)      Didalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi dan golongan.
8)      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
9)      Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan menggunakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
10)  Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.
Sila ke lima ( padi dan kapas)
1)      Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
2)      Mengembangkan sikap adil terhadap sesame.
3)      Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
4)      Menghormati hak orang lain.
5)      Suka member pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
6)      Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
7)      Tidak menggunakan  hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup yang mewah.
8)      Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
9)      Suka kerja keras.
10)  Suka menghargai karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
11)  Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan social. 
15.  Dapat Menjelaskan Tentang Organisasi ASEAN Dan PBB
SEJARAH ASEAN
ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penanda tangan Deklarasi Bangkok kala itu ialah Adam Malik (Indonesia), Narciso Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Alamat Sekertariat ASEAN Jl. Sisingamangaraja 70A Jakarta Selatan 12110 Indonesia
Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:
1.      Mempercepat pertumubuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
2.      Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
3.      Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik,ilmu pengetahuan, dan administrasi.
4.      Memelihara kerjasama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada.
5.      Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara
Brunei Darussalam menjadi anggota pertama ASEAN di luar lima negara pemarakarsa. Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984 (tepat seminggu setelah memperingati hari kemerdekannya). Sebelas tahun kemudian, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam yang menjadi anggota yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersama dengan Myanmar dan Laos, rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya masalah politik dalam negeri Kamboja. Meskipun begitu, dua tahun kemudian Kamboja akhirnya bergabung menjadi anggota ASEAN yaitu pada tanggal 16 Desember 1998.
TIMOR LESTE
Negara baru Timor Leste, yang merupakan koloni Portugis kemudian dianeksasi Indonesia, kini mendapatkan status pemerhati (observer) dalam ASEAN, setelah menuai protes dari berbagai negara ASEAN yang tidak mendukung masuknya Timor-Leste ke ASEAN, atas dasar rasa hormat kepada Indonesia. Awalnya, Myanmar menentang pemberian status observer kepada Timor-Leste karena dukungan Timor-Leste terhadap pejuang pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi.
Sejak restorasi kemerdekaan Timor-Leste pada Mei 2002, ASEAN telah banyak membantu Timor-Leste. Timor-Leste telah diundang untuk hadir dalam beberapa pertemuan ASEAN. Meskipun begitu, Timor-Leste masih tetap berstatus observer. Mantan Menlu Timor Leste yang sekarang menjadi Presiden, Ramos Horta, pernah menyatakan tidak berminat menjadi anggota ASEAN, karena Timor-Leste dinilai bukan negara Asia (Tenggara), melainkan negara Pasifik atau Australia. Berbeda dengan rekannya Xanana Gusmao yang menyatakan bahwa akan lebih menguntungkan bagi Timor Leste apabila berafiliasi dengan ASEAN dibandingkan dengan apabila bergabung dengan Pacific Islands Forum.
Perkembangan terakhir mengindikasikan bahwa Timor-Leste sangat berminat untuk menjadi anggota ASEAN. Bahkan Pemerintah Timor-Leste melalui Kementerian Luar Negerinya telah menargetkan bahwa Timor-Leste akan menjadi anggota ASEAN pada tahun 2012, hal ini sangat di dukung oleh pemerintah Indonesia juga negara-negara anggota ASEAN lainnya seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Singapura dan lain-lain. Hal ini dapat dilihat bahwa Pemerintah Timor-Leste juga telah membuka Sekretariat Nasional ASEAN di Dili pada awal bulan Februari 2009, dimana sekretariat ini akan berfungsi untuk mempersiapkan tahapan-tahapan menjadi keanggotaan ASEAN

Berikut adalah daftar diplomat yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ASEAN:

Sekjen PBB
Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PBB, yang bertindak sebagai juru bicara de facto dan pemimpin PBB. Sekretaris Jenderal saat ini Ban Ki-moon, yang mengambil alih dari Kofi Annan pada tahun 2007 dan akan memenuhi syarat untuk pengangkatan kembali ketika masa jabatan pertamanya berakhir pada tahun 2011. Markas Besar PBB di New York adalah lokasi terpenting dan tempat utama Perserikatan Bangsa-Bangsa bersidang. Di sinilah Sidang Umum PBB, Dewan Keamanan PBB dan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB bersidang. Sidang Dewan Ekonomi dan Sosial bergantian secara tahun dengan lokasi di Jenewa. Selain itu di sini terdapat gedung Sekretariat PBB.
Setelah PBB didirikan pada tahun 1945, Markas Besarnya berada di London. Namun pada tanggal 24 Oktober 1949 batu pertama Markas Besar PBB diletakkan di New York. Untuk itu John D. Rockefeller II menghibahkan sekitar 7 hektare tanah di tepi timur Manhattan kepada PBB sebagai asetnya dan sebagai sebuah wilayah Teritorial Internasional. Pada 1951 gedung-gedung utama kompleks ini selesai yaitu Gedung Sidang Umum, gedung-gedung konferensi dan gedung Sekretariat yang tingginya 39 lantai ini. Lalu pada tahun 1961, dibangunlah perpustakaan Dag-Hammarskjöld dan antara tahun 1969-1976 dibangun Gedung UN-Plaza yang berfungsi sebagai hotel dan gedung kantor.
Markas PBB lainnya berada di Jenewa, Wina dan Nairobi.
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0a/Bankimoon_cropped.jpg/220px-Bankimoon_cropped.jpgDibayangkan oleh Franklin D. Roosevelt sebagai "moderator dunia", posisi ini ditetapkan dalam Piagam PBB sebagai "kepala pegawai administrasi" organisasi,  tetapi Piagam juga menyatakan bahwa Sekretaris Jenderal dapat membawa ke perhatian Dewan Keamanan "setiap masalah yang menurut pendapatnya dapat mengancam pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional", memberikan ruang lingkup yang lebih besar untuk posisi aksi di panggung dunia. Posisi ini telah berkembang menjadi peran ganda dari administrator organisasi PBB, dan seorang diplomat dan mediator menangani yang sengketa antara negara-negara anggota dan menemukan konsensus dalam menangani isu-isu global.

Sekretaris Jenderal diangkat oleh Majelis Umum, setelah direkomendasikan oleh Dewan Keamanan, setiap anggota yang dapat memveto, dan Majelis Umum secara teoritis dapat mengabaikan rekomendasi Dewan Keamanan jika suara mayoritas tidak tercapai, meskipun smapai sekarang hal ini tidak terjadi. Pada 1996, Dewan Keamanan mengadopsi seperangkat pedoman untuk proses seleksi yang dicetuskan oleh Duta Permanen Indonesia untuk PBB pada waktu itu, Nugroho Wisnumurti. Pedoman Wisnumurti (Wisnumurti Guidelines) telah mempengaruhi proses seleksi, termasuk penggunaan surat suara berkode warna untuk memilih kandidat . Tidak ada kriteria khusus untuk jabatan tersebut, tetapi selama bertahun-tahun, telah diterima bahwa jabatan itu bisa dijabat untuk jangka satu atau dua dari lima tahun, dan akan diangkat pada dasar rotasi geografis, dan bahwa Sekretaris-Jenderal tidak berasal dari salah satu lima negara anggota tetap Dewan Keamanan.
Sekretaris-Jenderal PBB
No.
Nama
Asal negara
Mulai menjabat
Selesai menjabat
Catatan
1
2 Februari 1946
10 November 1952
Mundur
2
10 April 1953
18 September 1961
Meninggal sewaktu menjabat
3
30 November 1961
1 Januari 1972
Sekjen pertama dari Asia
4
1 Januari 1972
1 Januari 1982
5
Description: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/cf/Flag_of_Peru.svg/22px-Flag_of_Peru.svg.png Peru
1 Januari 1982
1 January 1992
Sekjen pertama dari Amerika
6
1 Januari 1992
1 Januari 1997
Sekjen pertama dari Afrika
7
1 Januari 1997
1 Januari 2007
8
1 Januari 2007

16.    Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan
Pengertian Kewirausahaan – Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha, dan diberi imbuhan ke- -an. Wira dapat diartikan sebagai ksatria, pahlawan, pejuang atau gagah berani. Sedangkan usaha adalah bekerja atau melakukan sesuatu. Jadi, pengertian kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah perilaku dinamis yang berani mengambil risiko serta kreatif dan berkembang. Sedangkan, pengertian wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang tangguh melakukan sesuatu. ada beberapa sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha diantaranya :
  1. Wirausaha adalah seorang pencipta perubahan (the change creator)
  2. Wirausaha selalu melihat [erbedaan sebagai peluang
  3. Wirausaha selalu bereksperimen dengan pembaharuan
  4. Wirausaha adalah seorang pakar tentang dirinya
  5. Wirausaha melihat pengetahuan dan pengalaman hanyalah alat untuk memacu kreativitas
  6. Wirausaha berani memaksa diri untuk menjadi pelayan bagi orang lain


Seseorang entrepreneur memiliki cirri-ciri diantaranya:
  1. focus yang terkendali
  2. berenergi yang tinggi
  3. kebutuhan akan prestasi
  4. bertoleransi terhadap keraguan
  5. percaya diri
  6. berorientasi terhadap tindakan.
17.                                                                                                                                                                Dapat mendaur ulang barang bekas menjadi barang yang bermanfaat
Kakak harus dapat menjelaskan cara pembuatannya serta harus menunjukkan contoh barang yang dibuat oleh kakak.
18.                                                                                                                                                                Dapat menerapkan pengetahuannya tentang tali temali dan pioneering dalam kehidupan sehari-hari.
Kakak harus dapat menjelaskan didepan anggota sangganya cara menggunakan tali-temali dengan menggunakan simpul-simpul dan mempraktikkan membuat pioneering.
19.                                                                                                                                                                Selalu berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim.
·         Minimal 1 minggu sekali melakukan olahraga secara teratur
·         Melakukan gerakan renang gaya bebas dengan benar
·         Dapat menjelaskan peraturan permainan satu cabang olahraga tim.
Lapangan permainan
Untuk pertandingan internasional dewasa, lapangan sepak bola internasional yang digunakan memiliki panjang yang berkisar antara 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. Di bagian tengah kedua ujung lapangan, terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Di bagian depan dari gawang terdapat area pinalti yang berjarak 16.5 meter dari gawang.  Area ini merupakan batas kiper boleh menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan pinalti atau tidak.
Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal adalah 2 × 45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti. Wasit dapat menentukan berapa waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau stoppage time.
Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan, sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir). Pada akhir tahun 1990-an, International Football Association Board (IFAB) memberlakukan sistem gol emas (golden gol) atau gol perak (silver gol) untuk menyelesaikan pertandingan Dalam sistem gol emas, tim yang pertama kali mencetak gol saat perpanjangan waktu berlangsung akan menjadi pemenang, sedangkan dalam gol perak, tim yang memimpin pada akhir babak perpanjangan waktu pertama akan keluar sebagai pemenang Kedua sistem tersebut tidak lagi digunakan oleh IFAB.

Pelanggaran
Apabila pemain melakukan pelanggaran yang cukup keras maka wasit dapat memberikan peringatan dengan kartu kuning atau kartu merah.  Pertandingan akan dihentikan dan wasit menunjukkan kartu ke depan pemain yang melanggar kemudian mencatat namanya di dalam buku Kartu kuning merupakan peringatan atas pelanggaran seperti bersikap tidak sportif, secara terus-menerus melanggar peraturan, berselisih kata-kata atau tindakan, menunda memulai kembali pertandingan, keluar-masuk pertandingan tanpa persetujuan wasit, ataupun tidak menjaga jarak dari pemain lawan yang sedang melakukan tendangan bebas atau lemparan ke dalam  Pemain yang menerima dua kartu kuning akan mendapatkan kartu merah dan keluar dari pertandingan.
Pemain yang mendapatkan kartu merah harus keluar dari pertandingan tanpa bisa digantikan dengan pemain lainnya Beberapa contoh tindakan yang dapat diganjar kartu merah adalah pelanggaran berat yang membahayakan atau menyebabkan cedera parah pada lawan, meludah, melakukan kekerasan, melanggar lawan yang sedang berusaha mencetak gol, menyentuh bola dengan tangan untuk mencegah gol bagi semua pemain kecuali penjaga gawang , dan menggunakan bahasa atau gerak tubuh yang cenderung menantang, pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang melakukan hands ball di luar kotak penalti
Wasit dan petugas pertandingan
Dalam pertandingan profesional, terdapat 4 petugas yang memimpin jalannya pertandingan, yaitu wasit, 2 hakim garis, dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan. Wasit memiliki peluit yang menandakan apakah saat berhenti atau memulai memainkan bola. Dia juga bertugas memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi di lapangan. Masing-masing penjaga garis bertanggung jawab mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera dengan warna terang untuk menandakan adanya pelanggaran, bola keluar, ataupun offside. Biasanya mereka akan bergerak mengikuti posisi pemain belakang terakhir.
Petugas terakhir memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung dan memberikan info mengenai tambahan waktu di akhir setiap babak Petugas ini juga bertugas memeriksa pergantian pemain dan menjadi penghubung antara manajer tim dengan wasit.  Dalam beberapa pertandingan, teknologi penggunaan video atau penggunaan orang kelima untuk menentukan ketepatan keputusan wasit mulai digunakan. Misalnya yang menentukan apakah suatu bola telah melewati garis atau apakah seorang pemain berada dalam keadaan offside ketika mencetak gol.[
Organisasi

Jenis lainnya
20.                                                                                                                                                                Dapat menjelaskan perkembangan fisik laki-laki dan perempuan
Dapat menjelaskan didepan Ambalannya tentang perkembangan fisik dan psikis laki-laki dan perempuan.
Pada remaja laki-laki
1.      Mulai tumbuh jakun
2.      Perubahan suara menjadi lebih besar dan berat.
3.      Tumbuh kumis atau jenggot.
4.      Tumbuh rambut di dada, kaki, ketiak, dan sekitar organ kelamin.
5.      Mulai tampak otot-otot yang berkembang lebih besar dan menonjol.
6.      Bahu melebar melebihi bagian pinggul.
7.      Perubahan jaringan kulit menjadi lebih kasar dan pori- pori tampak membesar
8.      Kadang-kadang diikuti dengan munculnya jerawat di daerah muka
 Pada remaja perempuan
1.      Membesarnya payudara dan puting susu mulai timbul
2.      Pinggul melebar.
3.      Tumbuh rambut di ketiak dan sekitar organ kelamin.
4.      Suara lebih nyaring.
5.      Kadang-kadang diikuti munculnya jerawat di daerah muka
6.      Menstruasi
21.                                                                                                                                                                dapat memimpin baris-berbaris dan menjelaskan peraturannya kepada anggota sangganya.
·         Dapat menjelaskan 15 gerakan baris-berbaris didepan anggota sangganya
·         Dapat memimpin baris berbaris.



22.                                                                                                                                                                Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degenerative dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat
·         Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit infeksi dan penyebabnya
PENYAKIT INFEKSI
Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain. Orang yang sehat harus dihindarkan dari orang-orang yang menderita penyakit dari golongan ini.Penyebab utama infeksi diantaranya adalah bakteri dan jasad hidup (organism).
Kuman-kuman ini menyebar dengan berbagai cara dan vector.
 Contoh-contoh penyakit infeksi :
1.        Penyebab penyakit adalah bakteri (jasad renik dan kuman)
Contoh TBC : ditularkan memalui udara

2.    Penyebab penyakit adalah virus (kuman yang lebih kecil daripada bakteri)
Contoh    Selesma, influenza, campak, gondok : ditularkan melalui udara, batuk, ataupun lalat
3.    Jamur
 contoh  Kurap, kutu air, dan gatal pada lipatan paha : ditularkan melalui sentuhan atau dari pakaian yang di pakai secara bergantian
·         Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit degeneratife dan penyebabnya
Penyakit degeneratif adalah istilah medis untuk menjelaskan suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Penyakit yang masuk dalam kelompok ini antara lain diabetes melitus, stroke, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia dan sebagainya.
·         Dapat menyebutkan sedikitnya 3 penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat
1.      Stress berlebihan menyebabkan serangan jantung
2.      Minuman alcohol menyebabkan serangan jantung, kangker hati, kangker tenggerokkan dll
3.      Merokok menyebabkan kangker dan kerutan dini (penuaan)
23.                                                                                                                                                                Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut-turut

Aktif dalam mengikuti kegiatan (telah mengikuti kegiatan) perkemahan selama 3 hari berturut-turut.s

Pemberitahuan jika didalam blok ini adak sesuatu yang berwarna putih polos maka itu adalh gamar, dan jika anda inggi melihat gambar tersebut, maka anda harus mengklik gambertersebut terlebih dahulu, sekiantrimakasi.
Wassalammualaiku wr.wb












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemasangan Antena Grid